poliiteknik surabaya

Apa itu Ilmu Teknologi Pangan?

Ilmu Teknologi Pangan di Tristar Institute Surabaya



Pernahkah terbesit pertanyaan bagaimana makanan diproduksi? Bagaimana mempelajari kualitas makanan, bahkan kandungan gizi makanan sebelum dikonsumsi? Jika demikian, apakah anda salah satu dari sekian yang memiliki passion untuk terjun dibidang pengolahan makanan? Sekolah S1 Teknologi Pangan Tristar Institute yang ada di Surabaya dapat menjadi langkah awal mewujudkannya.


  Banyak yang masih penasaran dengan jurusan ilmu teknologi pangan. Maklum, tidak banyak perguruan tinggi yang membuka jurusan ini. Tristar Institute hadir dengan program studi S1 Teknologi Pangan mulai tahun akademik 2015/2016. Program baru tersebut merupakan hasil kolaborasi antara pihak Tristar Institute dengan Universitas Dr Soetomo (Unitomo) yang terakreditasi B.

Kelebihan program studi S1 Teknologi Pangan yang dikenalkan Tristar Institute tak sekadar membuat bahan pangan dalam industri pengolahan pangan, tetapi mahasiswa diperkaya dengan kemampuan dan ketrampilan seperti culinary, baking & pastry (patisserie) serta gastronomi molekuler.


Seperti kita ketahui, teknologi pangan merupakan aplikasi dari ilmu pangan untuk sortasi, pengawetan, pemrosesan, pengemasan, distribusi, hingga penggunaan bahan pangan yang aman dan bernutrisi. Dalam teknologi pangan, dipelajari sifat fisis, mikrobiologis, dan kimia dari bahan pangan dan proses yang mengolah bahan pangan tersebut. Spesialisasinya beragam, diantaranya pemrosesan, pengawetan, pengemasan, penyimpanan dan sebagainya. (sumber: wikipedia)

 Nah, karena fokusnya di bidang makanan maka dalam pengajarannya mengadopsi ilmu dan teknologi pangan, untuk memahami bagaimana makanan itu dibuat dan adakah dampaknya terhadap kehidupan sehari-hari. 

Ir. Juwono Saroso, MM (kanan), Presdir Tristar Institute
 Menurut Ir. Juwono Saroso, MM selaku Presdir Tristar Institute, “Harapan terbesar dari  pendidikan ini bisa menghasilkan mahasiswa yang memahami dasar pengolahan bahan pangan menjadi produk jadi siap jual, bekerja di industri pengolahan pangan, serta mampu menciptakan wirausaha di bidang industri pangan.


Bagi yang berminat menjadi pengusaha di bidang industri makanan, jurusan ini bisa memberi bekal cukup memadai. Tentu saja harus disertai dengan sikap dan etos kerja seorang pengusaha juga mesti dimiliki. *Upi


Untuk mengetahui tempat jurusan S1 Teknologi Pangan yang tepat buat kamu di Surabaya, silahkan hubungi :


Tristar Institute
Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya.
Telp. (031) 8433224, (031) 8433225, (031) 8480823 
Fax. (031) 8432050
E-mail: tristarkuliner@yahoo.co.id

BIAYA PENDIDIKAN POLITEKNIK SURABAYA